Kamis, 28 Februari 2019

Q & A SEPUTAR SEJARAH ISLAM


1.  Hikmah yang bisa dijadikan Ibrah dari peristiwa pengembalian Hajar Aswad
Jawaban : Dari kisah ini diperlihatkan kebijaksaan Nabi Muhammad SAW :
a. Nabi Muhammad tidak semena-mena untuk meletakkan Hajar Aswad ataupun memberikan kesempatan kepada keluarganya, meskipun ia berhak.
b.   Nabi mempersilahkan kepada seluruh kepala suku untuk memegang tepi kain yang digunakan untuk mengangkat  Hajar Aswad bersama-sama
                        Dari sikap yang diperlihatkan oleh Nabi Muhammad SAW, dapat kita ambil hikmah sebagai berikut :
a.   kita tidak boleh bertindak semena-mena terhadap suatu hal, meskipun itu adalah hak ataupun milik kita pribadi
b. kita harus lebih mementingkan kemashlahatan bersama dari pada diri sendiri dengan maksud memupuk tali persaudaraan
c.   bersikap adil kepada semua orang tanpa melihat status
2.  Tokoh-tokoh sahabat dalam bidang tafsir, pemerintahan, politik dan strategi perang
     Jawaban :
a.       Bidang Tafsir : Abdullah ibnu Abbas, Abdullah ibnu Mas’ud
b.      Bidang Pemerintahan : Umar bin Khattab, Marwan bin Hakam
c.       Bidang politik : Muawiyah bin Abi Sufyan, Amr bin Ash, Ziyad ibnu Abihi, dan Mughiroh bin Syu’bah
d.      Strategi perang : Khalid bin Walid, Qais bin Sa’ad, Nu’man bin Mu’az
3.  Manfaat mempelajari Sejarah Islam
     Jawaban :
a.   mengetahui dan memahami tentang peristiwa di masa lalu yang berkaitan dengan agama islam
b.   kita dapat mengambil contoh teladan dari para tokoh Islam dan mengambil hikmah dari berbagai kisah ataupun masalah yang dihadapi pada masa itu
c. kita dapat mempelajari dan mengembangkan berbagai macam ilmu pengetahuan dan seni yang sudah lebih dulu dikaji oleh para ulama masa itu
d.  menggali dan meninjau kembali terhadap faktor kemajuan dan kemunduran islam yang dapat dijadikan cermin bagi masa sesudahnya
4.  Penjelasan tentang tokoh-tokoh di bawah ini :
     a. Ibnu Rusyd : seorang tokoh di bidang filsafat dari Spanyol (520 H-595). Beliau juga ahli dalam bidang kedokteran. Karya Ibnu Rusyd mencapai 78 judul buku. Karyanya antara lain : Tahafut al Tahafut, kita al Kulliyat fi al Thibb, Risalah al Kharaj.
     b. Al Ghazali     : seorang tokoh dibidang filsafat (450 H-505 H). Beliau juga disebut sebagai Hujjatul Islam. karyanya mencapai 70 judul buku. Karangan kitab Al Ghazali antara lain : Ihya’ Ulumuddin, Mizan Al Amal, Mi’yar al Ilm
     c. Ibnu Abbas   : Abdullah bin Abbas bin Abdul Muthallib ( 616 M-687 M) merupakan seorang yang ahli dibidang tafsir. Beliau juga dijuluki sebagai Bapak Tafsir, karena beliau merupakan ahli tafsir pertama. Beliau juga pernah mendapat do’a dari Rasul agar menjadi orang yang ahli dalam hukum Islam. Beliau juga banyak meriwayatkan Hadis Nabi SAW.
     d. Hasan Basri  : Abu Said al Hasan Ibnu Abi al Hasan Yassar al Basri (21 H-110 H) merupakan seorang ahli dalam bidang Tasawuf. Selain itu beliau juga ahli dalam ilmu nahwu dan shorof. Hasan al Basri pernah melamar Rabi’ah al Adawiyah tetapi lamarannya ditolak.
     e. Ibnu Maskaweh : Abu Ali Ahmad bin Muhammad bin Ya’qub bin Maskawih (320 H-421 H) seorang yang ahli dalam bidang filsafat.  Karyanya antara lain : Al Fauz Al Akbar, Al Jami’, Al Syihab, Tahzib Al Aklaq
     g. Rabi’ah Al Adawiyah : seorang tokoh sufi wanita pertama yang menjunjung tinggi sifat zuhud. Beliau tidak menulis karyanya, akan tetapi banyak tokoh yang menulis tentang biografinya dan menulis tentang ungakapan dan sya’ir-sya’ir Rabi’ah Adawiyah. Ia juga pernah menolak lamaran dari Hasan Al Basri.
     h. Imamul Haramain : Imam al Haramain Abu al Ma’ali Abd al Malik ibn Abdullah al Juwaini ( w. 478 H) merupakan tokoh di bidang Fiqih. Beliau merupakan guru dari Imam al Ghazali dan Imam al Qusyairi. Karyanya antara lain : Nihayah fi al Matlab fi al Fiqhi, Mukhtasar al Nihayah.
5.  Unsur-unsur kebudayaan islam
     Jawaban :
a.       kesenian, manusia membutuhkan suatu yang dapat memenuhi kebutuhan psikis mereka, sehingga mendapat kepuasan
b.      bahasa, merupakan suatu alat komunikasi antar sesama manusia
c.       sistem teknologi dan peralatan, manusia dapat membuat sebuah bangunan seperti masjid dan lainnya dilihat juga dari peralatan yang dimiliki
d.      pengetahuan, manusia menggunakan akal dan pikiran untuk memepelajari ilmu, khususnya ilmu tentang aga islam dan ilmu pengetahuan yang lain
e.       organisasi masyarakat, memperlihatkan bagaimana kehidupan masyarakat muslim khususnya dalam lingkungan sosial
f.        ekonomi, memperlihatkan bagaimana masyarakat muslim khususnya memenuhi kebutuhannya sehari-hari, dengan mata pencaharian yang berbeda-beda pula
g.       lembaga pendidikan, merupakan tempat untuk memepeljari ilmu pengethauan, digunakan juga sebagai media dakwah islam
6.  Latar belakang didirikannya Madrasah Nidhamiyah oleh Nidhamul Mulk
     Jawaban :
     a. Memperkuat pemerintahan Turki Saljuk yang berpaham Sunny
     b. Menghalangi laju pertumbuhan paham Syi’ah di Mesir
     c. Menanamkan paham Sunny kepada rakyat
     d. menegakkan ajaran Sunny Syafi’i

7.  Khaizanatul Hikmah dan Baitul Hikmah
     Jawaban :
a.       Khaizanatul Hikmah : Sebuah lemari besar yang terdapat di dalam sebuah istana milik Ali bin Yahya bin al Munajjim, yang berisi kitab-kitab.
b.      Baitul Hikmah : didirikan pada masa Khalifah Harun Al Rasyid, berfungsi sebagai pusat ilmu dan perpustakaan. Disitu juga banyak para sarjana berkumpul dan berdiskusi masalah ilmiah
8.  Dalil Al Qur’an tentang peristiwa Hijrah Nabi Muhammad SAW
     Jawaban :
bÎ)ur (#rߊ%Ÿ2 štRrÏÿtFó¡ts9 z`ÏB ÇÚöF{$# x8qã_̍÷ãÏ9 $yg÷YÏB ( #]ŒÎ)ur žw šcqèWt7ù=tƒ y7xÿ»n=Åz žwÎ) WxŠÎ=s% ÇÐÏÈ  
Artinya : dan Sesungguhnya benar-benar mereka hampir membuatmu gelisah di negeri (Mekah) untuk mengusirmu daripadanya dan kalau terjadi demikian, niscaya sepeninggalmu mereka tidak tinggal, melainkan sebentar saja.
¨bÎ) tûïÏ%©!$# ãNßg9©ùuqs? èps3Í´¯»n=yJø9$# þÏJÏ9$sß öNÍkŦàÿRr& (#qä9$s% zNŠÏù ÷LäêZä. ( (#qä9$s% $¨Zä. tûüÏÿyèôÒtGó¡ãB Îû ÇÚöF{$# 4
(#þqä9$s% öNs9r& ô`ä3s? ÞÚör& «!$# Zpyèźur (#rãÅ_$pkçJsù $pkŽÏù 4 y7Í´¯»s9'ré'sù öNßg1urù'tB æL©èygy_ ( ôNuä!$yur #·ŽÅÁtB ÇÒÐÈ  
Artinya : Sesungguhnya orang-orang yang diwafatkan Malaikat dalam Keadaan Menganiaya diri sendiri, (kepada mereka) Malaikat bertanya : "Dalam Keadaan bagaimana kamu ini?". mereka menjawab: "Adalah Kami orang-orang yang tertindas di negeri (Mekah)". Para Malaikat berkata: "Bukankah bumi Allah itu luas, sehingga kamu dapat berhijrah di bumi itu?". orang-orang itu tempatnya neraka Jahannam, dan Jahannam itu seburuk-buruk tempat kembali,
9.  Latar belakang Nabi Muhammad Hijrah ke Yasrib, beserta dalil Naqlinya
     Jawaban :
     a. mengembangkan dan menyebarluaskan agama islam
b. penduduk kafir makkah memberi ancaman dan melakukan tindak kekerasan yang membahayakan diri Nabi serta para pengikutnya
     c. masyarakat Madinah berwatak lembut dan mudah menerima ajaran Islam
     Dalil Hijrahnya Nabi ke Madinah :
bÎ)ur (#rߊ%Ÿ2 štRrÏÿtFó¡ts9 z`ÏB ÇÚöF{$# x8qã_̍÷ãÏ9 $yg÷YÏB ( #]ŒÎ)ur žw šcqèWt7ù=tƒ y7xÿ»n=Åz žwÎ) WxŠÎ=s% ÇÐÏÈ  
Artinya : dan Sesungguhnya benar-benar mereka hampir membuatmu gelisah di negeri (Mekah) untuk mengusirmu daripadanya dan kalau terjadi demikian, niscaya sepeninggalmu mereka tidak tinggal, melainkan sebentar saja.
10.            Manfaat hijrah pada abad sekarang ini
a. kita sebagai pelajar, hijrah kita adalah untuk menuntut ilmu. Kita menuntut ilmu dari kota kelahiran ke kota perantauan, Semarang
b. hijrah untuk bekerja, untuk memperbaiki ekonomi. Kebanyakan masyarakat di desa berhijrah ke kota untuk sebuah pekerjaan. Karena dalam Islam mengharuskan untuk bekerja keras untuk memperoleh kebahagiaan di dunia maupun di akhirat.
c. hijrah dari kemalasan menjadi ketekunan. Hal ini bisa dilakukan sebagai wujud akan hijrahnya kita dari keterbelakangan menuju kemajuan
11.            Peristiwa Abu Bakar Asshiddiq sebagai khalifah, dan prestasi beliau ketika menjadi khalifah
     Jawaban : ketika Rasulullah wafat, Islam kehilangan sosok seorang pemimpin. Rasulullah tidak menunjuk penggantinya dan tidak meninggalkan wasiat untuk membentuk suatu majlis untuk masalah tersebut. Pada masa itu terjadi perselisihan antara golongan Anshor, Muhajirin dan Ahlul Bait yang merasa berhak untuk menggantikan kedudukan Rasulullah sebagai seorang khalifah. Kaum Anshor menekankan pada jasa yang diberikan kepada Rasulullah dengan mencalonkan Sa’ad bin Ubadah. Kemudian kaum Muhajirin menekankan kesetiaannya pada Rasulullah dengan mencalonkan Abu Ubaidah bin Jarrah. Sedangkan Ahlul Bait yang merupakan keluarga Nabi mencalonkan Ali bin Abi Thalib.
Ketika Ahlul Bait mengurusi jenazah Rasulullah, Umar bin Khattab mendengar kabar bahwa akan dilakukan bai’at di Tsaqifah oleh golongan Anshor yang mana dalam adatnya, seseorang yang telah di bai’at oleh sekelompok orang akan menjadi pemimpin yang sah walaupun ada yang tidak menyetujuinya. Umar bersama Abu Bakar segera menuju Tsaqifah, dan disana terjadi perdebatan tentang siapa yang lebih layak menjadi khalifah. Dalam perdebatan itu, Umar membai’at Abu Bakar sebagai khalifah dikarenakan jasa dan kesetiaannya kepada Rasulullah tidak diragukan lagi. Semua yang berada di Tsaqifah pun akhirnya setuju dan ikut memba’ait Abu Bakar, terkecuali Ali yang pada saat itu tidak datang karena masih mengurusi jenazah Rasulullah.
                 Prestasi yang dicapai Abu Bakar antara lain :
a. Memberantas dan memerangi nabi palsu, orang murtad dan mogok zakat
b. Melakukan penghimpunan Al Qur’an
c. Memperluas penyebaran agama Islam ke Anbar, Persia, Daumatul Jandal, Yarmuk, Syam dan Syiria
12.            Perubahan sosial di masa Umar Bin Khottob RA. dan sikap serta tindakan untuk mengatasi perubahan tersebut
     Jawaban :
a. seiring berjalannya waktu, masalah umat semakin komplek. Ketika Umar menjadi khalifah dan harus memutuskan perkara ataupun hukum yang belum ia ketahui. Umar berkonsultasi kepada sahabat-sahabat Nabi yang lain untuk memuruskan masalah tersebut, bahkan Umar mendanai para cendekiawan untuk mendalami kisah-kisah Nabi dan mempelajari wahyu dengan tujuan jika terdapat masalah Umar dapat bertanya pada para cendekiawan.
b.   maraknya hubungan diluar nikah (perzinaan) di lingkungan masyarakat. Untuk itu Umar melarang keras bahkan mengamanatkan rajam untuk pezina
c.   maraknya prostitusi ataupun kawin kontrak. Dalam hal ini Umar melarang perkawinan sementara dengan imbuhan hadiah ataupun uang
d.  Masyarakat beranggapan bahwa kedudukan laki-laki lebih tinggi dari pada perempuan. Jadi gerak ataupun kegiatan perempuan menjadi terbatas. Untuk itu Umar menyamaratakan antara kedudukan laki-laki dengan perempuan dalam hal pekerjaan, upah, diskusi dan lainnya.
e.   pada masa Umar perlakuan tidak manusiawi dilakukan majikan terhadap budaknya, meskipun islam membolehkan perbudakan. Dalam hal ini Umar membatasi praktek perbudakan. Maksutnya adalah majikan tidak boleh menyiksa budak ataupun menganiayanya. Karena budak memiliki hak asasi yang sama seperti orang-orang pada umumya.
13.            prestasi yang telah dicapai oleh khalifah Usman bin Affan
     Jawaban :
a. Kahlifah Usman melakukan perluasan Masjidil Haram (Makkah) dan Masjid Nabawi (Madinah)
b. Perluasan wilayah islam, yaitu melakukan penaklukan wilyah barat dan wilayah timur
c. Khalifah Usman membentuk armada laut islam yang diketuai oleh Muawiyah bin Abi Sofyan
     d. pengkodifikasian Al Qur’an
14.            Latar belakang kodifikasi Al Qur’an di masa Abu Bakar dan Usman
     Jawaban :
a. Pada masa Abu Bakar banyak terjadi peperangan antara lain Perang Yamamah. Perang tersebut telah merenggut nyawa pasukan muslim, kebanyakan diantara para penghafal Al Qur’an. Abu bakar takut jika tidak ada lagi para penghafal Al Qur’an, maka Al Qur’an tidak bisa dijaga. Untuk itu Abu Bakar melakukan pengkodifikasian Al Qur’an.
b. Pada masa Usman pemerintahan Islam semakin luas, banyak negara ditaklukkan dan para qori’ telah tersebar ke berbagai daerah. Kemudian terjadi perbedaan bacaan karena adanya qiro’at dan qori’ yang sampai pada mereka. Perbedaan tersebut membuat dikhawatirkan akan menimbulkan perpecahan umat islam. Untuk itu Khalifah Usman melakukan kodifikasi Al Qur’an dari naskah pertama yang telah dikodifikasikan pada masa Abu Bakar, yang lembarannya disimpan oleh  istri Rasul, sayyidah Hafshoh RA. Khalifah Usman melakukan kodifikasi Al Qur’an dalam satu bacaan dengan tujuan menhindari timbulnya perpecahan karena perbedaan bacaan.
15.            Abdul Malik bin Marwan disebut sebagai pendiri Dinasti Umayyah yang ke II
     Jawaban : Dia menjadi khalifah saat dunia Islam terpecah-pecah. Dengan kebijakan dan siasatnya, dia berhasil menjadikan negeri-negeri itu tunduk di bawah pemerintahan-pemerintahan dan berhasil membungkam semua pemberontak dan pembangkang, sama halnya dengan Mu’awiyah.
16.            Latar belakang bahasa arab menjadi bahasa resmi tata administrasi dan pemerintahan pada masa Abdul Malik
     Jawaban : pada masa Khalifah Umar bin Khattab, dokumen yang berkaitan dengan negara ditulis dengan menggunakan bahasa negara tersebut, karena itu keuangan negara menjadi dikuasai oleh pribumi non muslim yang memahi tulisan tersebut. Pada masa Abdul Malik, setelah islam menguasai daerah kekuasaan seperti Mesir, Syiria, beliau mengganti bahasa administrasi dengan bahasa Arab. Selain itu juga bahasa Arab dirasa juga memiliki kelenturan dalam menerima kata serapan dalam bahasa lain, hal ini menjadikan bahasa arab lebih kaya dan komplek dengan kosakata.
17.            Komentar Nabi Muhammad tentang keilmuan yang dimiliki Ali bin Abi Thalib Karomallahu wajhah
     Jawaban :
 أَنَا مَدِيْنَةُ الْعِلْمِ وَعَلِى بَابُهَا فَمَنْ أَرَادَ الْعِلْمَ فَلْيَأْتِ الْبَاب
     Artinya : Aku (Rasulullah) adalah kota ilmu dan Ali adalah pintunya, maka barang siapa yang ingin mendapatkan ilmu maka hendaklah melalui pintunya
18.            Dalil Naqli dari Al Qur’an maupun Hadits tentang pentingnya menuntut ilmu pengetahuan
Jawaban :
     a. Dalil dari Al Qur’an :
            $pkšr'¯»tƒ tûïÏ%©!$# (#þqãZtB#uä #sŒÎ) Ÿ@ŠÏ% öNä3s9 (#qßs¡¡xÿs? Îû ħÎ=»yfyJø9$# (#qßs|¡øù$$sù Ëx|¡øÿtƒ ª!$# öNä3s9 ( #sŒÎ)ur Ÿ@ŠÏ%
 (#râà±S$# (#râà±S$$sù Æìsùötƒ ª!$# tûïÏ%©!$# (#qãZtB#uä öNä3ZÏB tûïÏ%©!$#ur (#qè?ré& zOù=Ïèø9$# ;M»y_uyŠ 4 ª!$#ur $yJÎ/ tbqè=yJ÷ès? ׎Î7yz ÇÊÊÈ  
Artinya : Hai orang-orang beriman apabila kamu dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis", Maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", Maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.
b. Dalil dari Hadits :
مَنْ  سَلَكَ طَرِيْقًا يَلْتَمِسُ فِيْهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللّهُ لَهُ بِهِ طَرِيْقًا إِلَى الْجَنَّةِ
     Artinya : Barang siapa berjalan untuk menuntut suatu ilmu (belajar), niscaya Allah SWT akan memudahkan jalan baginya menuju surga.
19.            Ayat Al Qur’an tentang pentingnya mempelajari Sejarah
     Jawaban :
            y7Ï9ºxx. Èà)tR y7øn=tã ô`ÏB Ïä!$t7/Rr& $tB ôs% t,t7y 4 ôs%ur y7»oY÷s?#uä `ÏB $¯Rà$©! #\ò2ÏŒ ÇÒÒÈ                
Artinya : Demikianlah Kami kisahkan kepadamu (Muhammad) sebagian kisah umat yang telah lalu, dan Sesungguhnya telah Kami berikan kepadamu dari sisi Kami suatu peringatan (Al Quran).


            ôs)s9 šc%x. Îû öNÎhÅÁ|Ás% ×ouŽö9Ïã Í<'rT[{ É=»t6ø9F{$# 3 $tB tb%x. $ZVƒÏtn 2uŽtIøÿム`Å6»s9ur t,ƒÏóÁs? Ï%©!$#
 tû÷üt/ Ïm÷ƒytƒ Ÿ@ÅÁøÿs?ur Èe@à2 &äóÓx« Yèdur ZpuH÷quur 5Qöqs)Ïj9 tbqãZÏB÷sムÇÊÊÊÈ  
Arinya : Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka itu terdapat pengajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal. Al Quran itu bukanlah cerita yang dibuat-buat, akan tetapi membenarkan (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjelaskan segala sesuatu, dan sebagai petunjuk dan rahmat bagi kaum yang beriman.
20.            Sebab munculnya kebudayaan islam dan peradaban islam
     Jawaban :
a.       adanya faktor geografis dan geologis meliputi: daerah, cuaca, suhu, iklim
b.      adanya kemajuan di berbagai bidang antara lain : bidang pembangunan, ilmu pengetahuan, politik, tenologi
c.       adanya ekonomi yang mapan dan stabil
d.      munculnya seorang pemimpin yang besar
e.       adanya hasil karya seperti kitab-kitab dan penemuan baru
21.            Penjelasan dari istilah berikut :
a.   Kuttab : sebuah lembaga dasar yang digunakan untuk kegiatan belajar mengajar, mengajarkan cara membaca dan menulis
b.   Masjid : berfungsi sebagai tempat ibadah, kemudian sebagai tempat mempelajari ilmu pengetahuan. Pada zaman Nabi, setelah melakukan sholat kemudian melakukan kegiatan diskusi dan tanya jawab tentang suatu hal yang belum diketahui
c.   Majlis Munadharah : suatu majlis yang berisi tentang perdebatan atau bertukar  pendapat antara orang satu dengan orang lain guna membahas tentang suatu permasalahan yang ada
d.  Halaqoh : disebut juga dengan pengajian kelompok, yaitu sebuah tempat dimana mengkaji ilmu agama yang diikuti oleh beberapa orang saja sekitar 3-12 orang yang membentuk posisi lingkaran.
22.            Kebijakan-kebijakan Khalifah Umar bin Abdul Aziz dalam bidang administrasi negara, dakwah keluar negeri, pajak, jizyah dan politik
     Jawaban :
a.       bidang administrasi negara : beliau mengatur penguasa dan pejabatdaerah, bersikap adil dan netral terhadap semua orang, memcat pejabat yang dhalim dan memilih pejabat yang amanah
b.      dakwah keluar negeri : Umar bin Abdul Aziz mengirim Mubaligh untuk misi perdamaian di India, Turki dan araja-raja bangsa Afrika. Beliau juga banyak mengirimkan buku-buku islam ke berbagaidaerah, beliau mengganti perang dengan jalan dakwah islam
c.       pajak dan jizyah : Umarbin Abdul Aziz membebaskan masyarakat dari beban pajak yang memberatkan, maksutnya mereka membayar sesuai dengan kemampuannya. Sedangkan untuk jizyah, beliau membebaskan masyarakat non muslim untuk membayar jizyah
d.      bidang politik : Umar bin Abdul Aziz menjalankan prinsip Amar ma’ruf nahi munkar, yaitu sistem politik yang kebijakannya mengajak kearah kebaikan dan menjahui kemungkaran. Selain itu beliau juga memperioritaskan kepada rakyat yang lemah
23.            Latar belakang kemajuan-kemajuan yang dicapai oleh pemerintahan Harun Al Rasyid dan Al Makmun
     Jawaban : Khalifah Harun Al Rasyid dan Khalifah Al Makmun sama-sama mementingkan ilmu pengetahuan. Pada masanya mereka melakukan penerjemahan buku-buku ilmu pengetahuan ke dalam bahasa Arab. Khalifah Harun juga mendirikan Baitul Hikmah yang menjadi pusat ilmu pengetahuan kala itu. Kemudian diperluas dan disempurnakan oleh anaknya, khalifah Al Makmun. Mereka bisa menggenggam dunia dengan ilmu pengetahuan. Untuk itu dikatanlah pada masa mereka merupakan masa-masa puncak kejayaan dinasti Abbasiyah.
24.            penjelasan tentang aliran, paham keagamaan dan tokoh golongan berikut :
     a. Khawarij   : golongan yang keluar dari barisan Ali bin Abi Thalib dalam persengketaannya dengan Mua’wiyah. mereka meliki watak keras hati dan cenderung radikal. Mereka beranggapan bahwa orang yang berdosa besar adalah kafir, dalam arti telah keluar dari islam (murtad) dan wajib dibunuh. Tokohnya antara lain : Urwah bin Hudair, Abdullah ibnu Ka’wa, Abdul Karim bin Ajrad.
     b. Syi’ah        : golongan yang tetap setia kepada Ali bin Abi Thalib dalam peristiwa Tahkim. Mereka juga meyakini Ali bin Abi Thalib dan keturunannya sebagai pemimpin islam setelah Nabi SAW wafat. Tokohnya antara lain : Ali Zainal Abidin, Muhammad Al Baqir,  Muhammad Al Jawad.
     c. Murji’ah    : golongan yang tidak memihak Ali maupun Mu’awiyah dalam Tahkim. Mereka adalah-orang yang menunda penjelasan kedudukan seseorang yang bersengketa, yakni Ali dan Mu’awiyah serta pasukannya masing-masing ke hari kiamat kelak. Mereka menyerahkan keputusan Allah atas orang muslim yang berdosa besar. Tokohnya antara lain : Jaham bin Sofwan, Hasan bin Bilal Muzni, Abu Sallat Saman, Diror bin Umar.
25.            Manfaat dan Ibrah yang bisa diambil dari mata kuliah sejarah
     Jawaban :
a.       kita bisa mengetahui peristiwa yang terjadi di masa lalu
b.      kita bisa belajar dari hal-hal yang baik dari suatu kisah dan meninggalkan hal-hal yang buruk
c.       belajar sejarah menjadi modal untuk kemajuan di masa yang akan datang
d.      kita bisa menerapkan contoh teladan suatu tokoh dalam kehidupan di masa kita sekarang

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

TERJEMAHKAN BLOG INI

PENGUNJUNG SAAT INI